Manfaat Geotextile Woven dalam Pembangunan

Tanggal :1/30/2021 2:05:00 PM Penulis : Aguan

Geosintetik merupakan jenis material yang disusun secara non alami dengan berbagai bahan buatan. Salah satu pengembangan geosintetik ini adalah geotextile. Geotextile yang banyak dipakai dalam berbagai proses pembangunan adalah geotextile woven. Manfaat geotextile woven ini sangat beragam sehingga banyak dipilih dan digunakan, khususnya dalam proses pembangunan. 

Manfaat geotextile dan fungsinya yang paling umum adalah sebagai pemisah, penyaring, pelindung, hingga perkuatan dan perbaikan. Dengan manfaat yang sangat banyak, tentu saja membuat geotextile sangat dicari dan dibutuhkan oleh banyak kalangan, khususnya untuk proses pembangunan.

Apa itu geotextile Woven?

Geotextile woven merupakan bagian dari material geotextile yang memilii fungsi sangat banyak. Manfaat geotextile dalam dunia konstruksi memiliki beragam pengaplikasian. Maka tidak heran jika material ini sangat dibutuhkan dalam berbagai ragam proyek konstruksi.

Manfaat geotextile woven yang sangat banyak ini juga tentu saja tidak terlepas dari bahan penyusunnya. Material dasar yang menjadi bahan baku pembuatan geotextile woven ini adalah Polyesther atau juga Polyprophilene. Kedua bahan ini kadang disebut dengan PET dan PP yang banyak dipakai dalam industry pembuatan plastic dan berbagai olahan material bangunan.

Kedua bahan ini tentu saja merupakan bahan sintetik sehingga harus diproduksi di pabrik. Baik PP maupun PET, keduanya nantinya menyusun geotextile dalam bentuk serat anyaman yang berguna untuk menjalin ikatan kuat antara masing-masing serat. Dengan demikian, akan menciptakan jenis material geotextile yang kokoh.

Manfaat geotextile woven ini sangat beragam, hampir semua proyek pembangunan menggunakan jenis material ini. Beberapa jenis yang lain yaitu non woven geotextile juga memiliki manfaat yang hampir sama, tetapi hanya berbeda pada pengaplikasiannya saja. Dengan menggunakan berbagia material dari jenis geotextile, Anda akan lebih mudah dalam melakukan proses pembangunan karena bahan ini cukup efisien cara kerja dan cara pemasangannya.

Dengan mengenali manfaat geotextile woven, maka Anda akan dengan mudah menggunakannya sesuai dengan pedoman yang ada. Semakin memahami karakter dari material ini, Anda juga menggunakannya bukan hanya untuk keperluan pembangunan saja lho.

Baca juga: Apa itu Geotextile? Dan Fungsi Geotextile

Manfaat Geotextile Woven

Geotextile woven ini memiliki bentuk seperti tikar tradisional, banyak juga yang menamainya sebagai geotextile anyaman karena bentuknya yang mirip anyaman yang digulung. Geotextile jenis ini biasanya disusun atas silt film tape polypropylene yang membuatnya lebih mudah untuk diproduksi dan dipakai.

Dengan bahan ini, maka menghasilkan daya tarik dan daya tahan yang kuat pada berbagai jenis beban di dalam konstruksi dan alam. Dengan daya tarik dan daya tahan inilah, manfaat geotextile menjadi salah satu kelebihan yang diunggulkan dalam berbagai proses pembangunan dan konstruksi.

Manfaat geotextile woven sendiri akan lebih terasa karena bahan ini lebih awet dan tidak mudah lapuk. Karena bahan penyusunannya adalah polypropylene, maka umur material akan lebih lama. Penyebabnya adalah mempunyai kandungan carbon black. Unsur ini dikenal sebagai UV Stabilizer yang berguna untuk mengurangi risiko kerusakan karena adanya sinar UV atau sinar matahari. 

Selain itu, geotextile woven ini lebih tahan pada jenis vegetasi yang menutupinya. Material ini tidak mudah lapuk sehingga lebih awet dan akan lebih hemat untuk digunakan. Manfaat geotextile woven inilah yang menjadikan bahan ini banyak digunakan karena memiliki daya tahan cukup baik di berbagai kondisi dan cuaca.

Manfaat Geotextile Woven untuk Filtrasi

Bukan tidak menjadi bahan asing lagi ketika geotextile digunakan di berbagai pengaplikasian konstruksi. Salah satu manfaat geotextile woven yang banyak diterapkan adalah sebagai filtrasi. Filtrasi di sini adalah sebagai penyaring. Dalam berbagai proyek pembangunan, beberapa aliran air perlu disaring. Selain itu, penyaringan ini juga akan memisahkan antara air dengan struktur tanah.

Bentuk geotextile woven ini lebih unik. Dengan permukaan yang tidak rata dan tidak halus, justru menjadikannya sebagai material yang memiliki koefisien geser lebih besar jika akan dipasang. Hal ini bisa berpengaruh pada tanah kohesif yang tidak rata dan memberikan perkuatan yang baik.

Manfaat geotextile woven yang memiliki susunan serat berbentuk anyaman lainnya adalah tahan dengan berbagai jenis tusukan dan robekan. Maka, banyak orang yang memilih menggunakan material ini karena awet dengan segala jenis perlakuan. Jika Anda menggunakannya sebagai separator atau pemisah, maka geotextile jenis ini tidak akan mudah koyak.

Separator yang dimaksud di sini adalah untuk berbagai jenis pengaplikasian yang kasar. Berbeda dengan non woven geotextile yang digunakan sebagai separator berbagai jenis bahan material yang lebih halus dan kecil. Sungguh multifungsi sekali bukan material ini?

Baca juga: Harga Geotextile yang Terjangkau

Manfaat Geotextile untuk Lapangan

Jika Anda menjadi pekerja lapangan yang membutuhkan berbagai jenis keahlian khusus dalam menangani banyak pembangunan, maka geotextile woven ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Manfaat geotextile woven yang sangat banyak akan sangat pas digunakan di beberapa pengaplikasian.

Pengaplikasian dari geotextile woven ini biasanya digunakan di berbagai tanah dasar yang sangat lunak. Tanah ini harus diberi perkuatan agar menjadi kokoh dan layak dibangun bangunan di atasnya, dengan memberi pengokohan ini, maka bangunan tersebut akan lebih awet.

Selain itu, manfaat geotextile woven selanjutnya adalah memberi perkuatan pada lahan yang akan dibangun jalan raya. Jalan raya dengan menggunakan aspal direkomendasikan memiliki dasaran yang kuat sehingga jalan tidak akan ambles. Selain itu, dengan kondisi tanah yang baik, kondisi aspal juga akan bertahan lebih lama lho.

Manfaat geotextile woven selanjutnya yang bisa disaksikan adalah pada lereng-lereng tanah miring yang mudah longsor. Material ini tentu saja bisa berguna untuk menahan struktur tanah untuk turun ke bawah dan menyebabkan guguran. Dengan demikian, manfaat geotextile woven sangat berpengaruh besar dalam mencegah dan menangani jenis longsoran.

Selain penahan di lereng yang rawan longsor, pengaplikasian geotextile woven ini bisa dilakukan untuk penahan abrasi di bibir pantai. Dengan adanya geotextile sebagai penahan, maka tanah di sekitanya tidak mudah untuk terbawa bersama aliran air laut. Hal ini juga berlaku pada lingkungan atau kawasan pinggir sungai, atau dengan kata lain mencegah erosi.

Manfaat geotextile woven lainnya yang bisa dirasakan adalah pengaplikasian pada berbagai proyek dan konservasi air. Misalnya adalah konservasi bendungan, tujuannya adalah menjaga air agar tidak merembes ke dalam susunan tanah.

Jenis Geotextile Woven Multifilament Yarn

Membicarakan manfaat geotextile woven akan lebih lengkap lagi jika membahas jenis geotextile woven multifilament yarn. Material ini adalah bagian dari geotextile woven yang memiliki kualitas paling bagus. Biasanya pola penyusunan material ini akan dianyam membentuk 2 pola, ada yang pola uniaxial dan juga pola biaxial.

Material ini diproduksi untuk berbagai keperluan yang memerlukan tekanan sangat tinggi dan juga kadar air yang sangat tinggi. Maka, manfaat geotextile jenis ini akan lebih terlihat karena memang disusun untuk menangani berbagai jenis pembangunan yang berat.

Dengan mengetahui manfaat geotextile woven dan penggunaannya, tentu Anda akan menggunakan material ini untuk berbagai kepeluan Anda bukan?


kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Logo IDT
Chatbot