Contoh Penggunaan Geotextile dalam Proses Pembangunan

Tanggal :1/30/2021 1:38:00 PM Penulis : Aguan

Jika Anda sudah terbiasa bekerja dalam proyek pembangunan, maka tak heran jika sudah tidak asing lagi dengan berbagai material ini. Geotextile menjadi salah satu material yang banyak digunakan untuk berbagai jenis proyek pembangunan. Contoh penggunaan geotextile yang sering ditemukan ada di jalan raya dan tanah yang lunak.

Contoh penggunaan geotextile ini tentu saja sangat umum. Penggunaan geotextile sendiri sudah banyak dipakai sejak bertahun-tahun. Dengan menggunakan media geotextile, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan, baik itu secara biaya maupun pemasangan. Geotextile lebih banyak dipilih, khususnya dalam proses pembangunan konstruksi karena sifatnya yang lebih kokoh dan elastis. Dengan demikian, tak heran jika material ini banyak diaplikasikan dalam beberapa proyek konstruksi.

Jenis geotextile ini pada umumnya ada dua, yaitu geotextile woven dan non woven. Geotextile woven memiliki bentuk berupa anyaman serat yang tersusun dengan kokoh. Sementara itu, jenis geotextile non woven memiliki bentuk seperti karpet atau kain yang tebal dengan serat yang lebih halus. Contoh penggunaan geotextile woven dan non woven memiliki aplikasi yang berbeda. 

Sedangkan contoh penggunaan geotextile secara umum digunakan untuk media filtrasi, separator, perlindungan, perbaikan tanah, hingga perkuatan tanah. Dengan memakai jenis geotextile yang tepat, maka penggunaannya juga akan tepat dan memiliki kegunaan yang sesuai. Bahan dari material geotextile ini sangat kuat dan daya tariknya tinggi.

Mengenal Jenis Geotextile

Jenin non woven geotextile memiliki bentuk kain dan bukan tenunan berbentuk seperti karpet dan tidak berserat besar. Non woven ini  memiliki bahan dasar polyether (PET) atau polypropylene (PP). Sedangkan untuk jenis geotekstil woven atau anyaman yang berbentuk seperti terpal dan kadang disebut juga dengan geotextile anyaman. Jenis geotextile woven ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu High Strength Woven Geotextile dan Low Strength Woven Geotextile

Dalam dunia konstruksi, contoh penggunaan geotextile ini banyak ditemukan di berbagai proses pembangunan. Sifat material ini adalah kokoh, kuat, daya tarik tinggi, daya tahan tinggi, dan elastis membuatnya lebih banyak digunakan.

Contoh Penggunaan Geotextile