Apa Itu Geotextile? Dan Fungsi Geotextile yang Paling Umum Digunakan

Tanggal :1/26/2021 7:01:00 PM Penulis : Aguan

Apa itu geotextile? Dalam dunia konstruksi, penggunaan geotextile sudah lama dikenal dan dipakai secara umum. Penggunaannya bisa digunakan untuk beberapa hal, misalnya adalah untuk perkuatan tanah, filtrasi tanah, penyerapan, penahan gelombang, dan lain sebagainya. Kegunaan geotextile ini lah yang membuatnya disebut sebagai material yang multifungsi.

Geotextile, material yang dikenal lama ini menggunakan bahan serat sintetis yang kuat sehingga kegunaan geotextile lebih awet dan tahan lama. Salah satu karakter yang paling menonjol dari material ini adalah geotextile sendiri tidak tembus air. Maka sangat cocok untuk berbagai proses pembangunan yang meredam air atau cairan.

Apa Itu Geotextile Woven dan Non Woven?

Apakah kamu tahu ada berapa jenis geotextile? Secara umum, geotextile ini terbagi menjadi dua jenis yang paling terkenal. Dua jenis geotextile ini adalah geotextile woven dan non woven yang memiliki kegunaan masing-masing. Kegunaan geotextile woven dan non woven ini tentu saja sangat berbeda dan harus digunakan sesuai dengan fungsinya.

Jika kamu akan melakukan proses pembangunan, akan lebih baik mengenali karakter geotextile itu sendiri agar lebih efektif prosesnya. Selain itu, jika kamu sudah mengenal karakternya, bisa memilih jenis geotextile sesuai dengan kegunaan dari material ini.

Material Geotextile Woven

source: geosynthetic Indonesia


Bagi orang yang bergerak di dunia teknik sipil, geotextile sudah bukan jadi barang asing. Perkembangan penggunaan geotextile sudah begitu pesat, sudah begitu banyak penjualan geotextile yang dapat ditemukan secara online. Hanya dengan pencarian menggunakan kata kunci jual geotextile murah, Anda akan dapat menemukan beragam penjual geotextile yang Anda butuhkan. Geotextile merupakan bagian dari geosintetik yang dibuat dari bahan sintetik yang kuat dan kokoh. Geotextile woven adalah jenis geotextile yang dibuat dari Polypropylene atau Polyester. Kedua bahan ini juga kadang disebut dengan PP dan PET. Pasti tidak asing bukan? Ya, material ini biasanya menjadi penyusun dalam berbagai bahan plastik

Karakter dari geotextile woven ini memiliki bentuk tenunan berupa anyaman. Bentuknya juga berwujud anyaman karung beras tetapi kokoh dan berupa lembaran. Meski demikian, kegunaan geotextile ini sangat multifungsi lho. Selain kegunaan geotextile yang multifungsi, karakter dari bahan ini adalah kuat dan tidak mudah sobek. Jaringan seratnya sangat kokoh untuk menahan beban, sehingga cocok untuk perkuatan.

Biasanya, material ini dipakai untuk berbagai keperluan pembangunan outdoor. Maka, material ini memang cocok dikatakan sebagai material pembangunan fisik yang kokoh dan tahan pada tekanan. 

Kegunaan Geotextile Woven

Kegunaan geotextile woven ini sangat beragam, tentunya akan sangat berguna jika digunakan dengan pola dan porsi yang sesuai. Apa saja kegunaan geotextile woven dalam proyek pembangunan secara umum?

Perkuatan Tanah Dasar

Sebelum dilakukan proses pembangunan di atas tanah, akan lebih baik jika mengenali jenis tanah apa yang akan dibangun. Dengan mengenalinya, kamu bisa membuat pondasi yang baik agar bangunan di atasnya kokoh. Kondisi tanah memiliki banyak variasi, mulai dari tanah lunak hingga tanah keras. Jika kamu akan membangun bangunan di atas tanah lunak, maka rentan untuk ambles dan ambrol. Maka kamu harus melakukan perkuatan tanah.

Salah satu upaya yang cukup efektif untuk perkuatan tanah adalah dengan menggunakan geotextile woven. Kegunaan geotextile woven ini berguna untuk memperkuat tanah. Caranya adalah memberikan lapisan geotextile dan diurug menggunakan tanah lain. Hal ini bisa berguna untuk pencegahan agar tanah dasar tidak turun atau ambles.

Untuk Pemisah atau Separator

Geotextile woven ini memiliki kegunaan untuk pemisah. Pemisah dalam hal ini juga bisa berguna untuk penyaring atau filter juga lho. Wah sangat multifungsi sekali bukan? Geotextile woven memiliki kegunaan ini karena sifat materialnya yang tahan dengan air atau tida mudah tembus air.

Dengan menggunakan material ini sebagai separator, maka tanah di atasnya tidak akan larut dan terbawa dalam aliran air. Sehingga, tanah tidak akan tercampur antara tanah yang di atas atau urugan dengan tanag dasar yang ada di bawah lapisan geotextile.

Material Geotextile Non Woven

Material geotextile lainnya adalah jenis non woven. Material ini dibuat dengan menggunakan penyusunan sintentik dan berbagai proses produksi. Yaitu cara kimia, mekanik, dan juga termal. Pembuatan material jenis ini menggunakan jenis mesin produksi yang sangat modern dan teknologi tinggi sehingga menghasilkan material yang sangat kokoh dan kuat.

Bahan utama penyusun material non woven geotextile ini adalah polyester fibre dan polypropylene. Struktur material ini berupa anyaman yang tahan air, kegunaan geotextile non woven sangat banyak lho!

Kegunaan Geotextile Non Woven

Dengan mengetahui karakter dari material geotextile non woven, maka kamu juga akan mengetahui kegunaan dari material ini. Kegunaan geotextile non woven ini memiliki beberapa kemiripan dengan jenis woven, tetapi ada yang membedakannya. Apa saja kegunaan geotextile non woven?

Sebagai Media Separator

Sama halnya dengan jenis woven, material ini bisa berfungsi sebagai separator atau pemisah. Meski demikian, pemisah di sini berbeda dengan aplikasi di jenis woven. Jika geotextile woven untuk tanah lunak dan berlumpur, maka jenis ini digunakan untuk tanah yang lebih baik.

Pemisah yang dimaksud adalah untuk memisahkan tanah dasar dengan tanah timbunan yang di atasnya akan dibangun. Kegunaan geotextile non woven ini sangat berguna sebelum proyek dilakukan lho.

Untuk Media Filtrasi

Kegunaan geotextile non woven selanjutnya adalah untuk filtrasi atau pemisah. Pemisah ini adalah mengalirkan air yang berada pada lapisan tanah, tentu saja tanpa membawa partikel tanah. Hal ini bertujuan untuk mencegah tanah timbunan tidak tercampur bersama dengan tanah dasar yang berada di bawahnya.

Untuk makin memperkuat fungsi filtrasi, saluran drainase yang dibuat ini bisa ditambah pembungkus pipa. Yaitu menggunakan pipa perforated. Dengan demikian, tanah tidak masuk ke dalam pipa tetapi air bisa mengalir.

Untuk Drainase

Salah satu kegunaan geotextile selanjutnya dari jenis non woven ini adalah sebagai drainase atau aliran air. Sama halnya dengan penjelasan pada fungsi filtrasi, adanya geotextile non woven ini memiliki kegunaan untuk membuat saluran air yang lebih baik.

Saluran drainase yang disusun dengan menggunakan geotextile non woven bisa membuat keseimbangan dari tanah dan aliran air di dalamnya. Jika keseimbangan ini tercipta, maka tanah tidak akan kehilangan fungsinya.

Kegunaan geotextile sebagai saluran drainase ini akan membuat air bisa mengalir dengan normal dengan arah yang sejajar. Dengan demikian, tidak ada pengikisan dan partikel tanah yang hanyut bersama air ini. Geotextile non woven juga bisa digunakan untuk pembungkus pipa drainase sehingga tidak ada partikel tanah yang masuk.

Pengaplikasian kegunaan geotextile non woven ini bisa ditemukan di berbagai proyek pembangunan. Antara lain pada drainase pemotong atau interceptor drain, pipa yang berada di lapisan pondasi pembangunan jalan raya, jenis saluran drainase berbentuk horizontal ataupun vertical agar lebih cepat dalam proses konsolidasi. Selain itu juga bisa untuk pelepas jenis tekanan iar pori di tanah, bendungan, timbunan, dan lain sebagainya,

Dengan mengetahui kegunaan geotextile secara keseluruhan, kamu tentunya akan menggunakannya sebagaimana mestinya. Kegunaan geotextile yang sangat beragam ini sangat efektif dan hemat biaya bukan? Semoga bermanfaat!


kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Logo IDT
Chatbot